BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Jumat, 23 April 2010

Mantan Pengawal Bin Ladin Larang Pemuda Bergabung dengan Al-Qaeda



Nasser Al-Bahri

Mantan orang dekat pimpinan Al-Qaeda Osama bin Laden, Yaman Nasser Al-Bahri, menyerukan agar para pemuda Muslim tidak bergabung dengan organisasi yang dicap Amerika Serikat sebgai kelompok teroris terbesar di dunia ini. Al-Bahri yang dulu juga merupakan pengawal pribadi Bin Laden ini mengungkapkan alasannya dalam bukunya yang terbit di Prancis baru-baru ini.

"Tujuan utama buku ini adalah untuk mengajarkan pemuda bagaimana mengatakan tidak 'untuk ekstremis seperti Al-Kaidah ini," ujar al-Bahri. Ia sendiri cukup kaget ketika pemerintah Prancis tidak bersedia menerbitkan visa baginya untuk menghadiri peluncuran buku yang diberi judul The Shadow of bin Laden itu.

Bahri menjelaskan, dirinya semula merasa seide dengan Bin Laden soal penindasan terhadap Muslim. Ia lalu mendukung apa yang disebut mereka sebagai "Perang suci terhadap ketidakadilan Barat" dengan masuk ke dalam kelompok Al-Qaeda. Namun belakangan, ia menyadari setelah masuk, ia tak terlalu yakin dengan ide-ide perjuangan mereka. Ia pun menyatakan keluar tahun 2000.

Ia menganjurkan orang muda untuk tidak terburu-buru menjatuhkan pilihan untuk bergabung dengan garis keras. "Mereka harus moderat dan mendengarkan orang lain," ujarnya.

Al-Bahri mengaku, Barat memang kerap berseberangan dengan Islam. "Memang benar bahwa ada perbedaan ideologis dengan Barat, tetapi kita perlu bicara,'' ujarnya. Dia menyesali sikap Prancis yang menganggap dirinya adalah seorang teroris dan menolak permohonan visanya.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Prancis, Bernard Valero, saat ditanya tentang kasus Al-Bahri menyatakan, "Kami memandang kehadirannya di Prancis tidak tepat." Namun ia enggan merinci apa yang dimaksudnya "tidak tepat" itu.

Sumber - Republika

0 komentar: